Jumat, 25 Mei 2012

Materi Soal UKK Kelas VIII:
1.        Menjelaskan hakekat demokrasi
2.        Menjelaskan istilah polis pada jaman Yunani Kuno
3.        Menyebutkan Negara yang pernah melaksanakan demokrasi langsung
4.        Menjelaskan asal istilah demokrasi
5.        Menyebutkan sebab timbulnya demokrasi perwakilan
6.        Menyebutkan pengaruh perkembangan paham demokrasi
 7.        Menyebutkan Salah satu prinsip demokrasi yang berlaku secara universal
8.        Menyebutkan prinsip demokrasi pancasila
9.        Menyebutkan salah satu unsur rule of law
 10.      Menjelaskan pengertian budaya politik Parochial
11.   Menjelaskan pengertian budaya politik Partisipan
12.   Menjelaskan pengertian budaya demokrasi
13.   Menyebutkan ciri-ciri masyarakat yang memiliki budaya  demokrasi
14.   Menjelaskan lembaga yang dipilih melalui pemilu 
15.   Menjelaskan cara pengangkatan pemimpin formal
16.   menjelaskan paham otoriterisme
17.   Menjelaskan pengertian Anarkhisme
18.   Menjelaskan sikap positif warga Negara dalam   mengembangkan demokrasi di Indonesia
 19.   Menjelaskan sikap demokratis seorang  pemimpin
20.   Menjelaskan pemimpin yang memiliki kecerdasan   Spiritual
 21.    Menjelaskan peranan penting budaya demokrasi
22.    Menjelaskan perlunya pemilihan  Ketua RT (Rukun Tetangga ) secara musyawarah
23.   Menjelaskan sikap warga Negara yang demokratis
 24.  Menjelaskan dasar hokum pemilu anggota DPR,DPRD,Presiden dan Wakil Presiden menurut  pasal 22 E UUD 1945 amandemen / perubahan
 25.   Menjelaskan penerapan demokrasi dalam kehidupan masyarakat
 26.  Menjelaskan pengertian kedaulatan kedalam
27.  Menjelaskan sifat asli kedaulatan
 28.  Menyebutkan yang bukanjenisteori kedaulatan
29.  Menjelaskan reaksi munculnya teori k edaulatan  r ak y at  
 30. Menjelaskan kedaulatan rakyat menurut  pasal  1  Ayat  (2)  UUD  1945,
31.  Menyebutkan dasar hokum Negara Indonesia Negara hokum menurut pasal 1 ayat (3) UUD 1945
32. Menyebutkan yang bukan persiapan seorang pengemudi sebelum berangkat
33 . Menyebutkan hal yang perlu dipahami bagi seorang pengemudi dalam perjalanan
34. Menjelaskan pengertian pemerintah
35. Menjelaskan pengertian pemerintahan
 36. Menyebutkan system pemerintahan yangdipakaidiIndonesia menurut  UUD  1945  
37. Menyebutkan pengangkatan menteri berdasarkan UUD1945 Pasal 17 Ayat (2)
38. menyebutkan periode pelaksanaan UUD’S 1950
39. menyebutkanyang bukan lembaga  negara menurut UUD 1945 amandemen (perubahan)
40. menyebutkan anggota MPR berdasarkan  pasal  2  ayat  (1)  UUD  1945
41. menyebutkan yang bukan termasuk tugasdanwewenang MPR   
 42. menyebutkan wewenang  presiden  dibidang legislatif
43. menyebutkan fungsi  DPR  
44. menyebutkan  tugas dan wewenang dari DPD
45.  menyebutkan lembaganegarayangberwenangmenguji peraturan per  undang-undangandi bawah  UU
46.  menyebutkan yang bukan  wewenang Mahkamah  Konstitusi
47. menyebutkan wewenang Komisi Yudisial
48. menyebutkan Lembaga  negara yang betugas  memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara
49. Menyebutkan  lembaga  penyelenggara  pemilu  di Indonesia
 50. menyebutkan sikap positif warga negara terhadap
     prinsip-prinsip kedaulatan  rakyat


Materi Soal UKK Kelas VII:

1).Siswa dapat memahami difinisi HAM
2). Ditunjukan dalam tabel siswa dapat mengelompokan HAM
3).Menyebutkan HAM di bidang ekonomi
4)  Menyebutkan HAM dibidang politik
5). Menyebutkan contoh hak asasi di bidang hukum dan pemerintahan
6) Ditunjukkan dalam sebuah pernyataan siswa dapat menyebutkan instrument HAM di Indonesia
7) Siswa menyebutkan isi penetepan UU No 23 tahun 2003
8) Siswa dapat menunjukankan ketentuan HAM dalam pasal 28A UUD 1945
9) Siswa dapat  menyebutkan isi pasal dalam UUD 1945 yang mengatur tentang endidikan
10).Siswa dapat menyebutkan nama komisi Nasional HAM yang bersifat nasional
11) Siswa dapat menyebutkan lembaga perlindungan HAM yang dibuat oleh negara
12) Siswa dapat menyebutkan siapa yang berwenang memlih anggota komnas HAM
13) Siswa dapat menjelaskan lingkup kewenangan pengadilan  HAM di Indonesia
14) siswa dapat menyebutkan tugas pokok kepolisian sesuai UU No 2 tahun 2002
15) Siswa dapat menyebutkan tugas komisi perlindungan anak di Indonesia
16) Siswa dapat menjelaskan perbuatan pemusnahan seluruh seluruh/kelompok bangsa
17).Siswa dapat menjelaskan kejahatan terhadap kemanusiaan
18) Siswa dapat member contoh pelangaran HAM t
19) Siswa dapat menjelaskan bentuk pelanggaran HAM pada penjajahan kolonial
20) Ditunjukkan dalam table kasus siswa dapat menjelaskan sebab-sebab pelanggaran HAM di Sampit tahun 2001
21) Siswa dapat menunjukkan masa tewasnya Marsinah pada tahun 1993
22) Siswa dapat menjelaskan tuntutan mahasiswa Trisakti yang unjuk rasa yang menelan korban
23) Siswa dapat membedakan penggolongan pelanggaran HAM yang bersifat biasa
24) Ditunjukkan dalam tabel siswa dapat memilah jenis pelanggaran HAM berat
25) Siswa dapat menyebutkan contoh bentuk-bentuk perlindungan  HAM yang berupa peraturan hukum
26) Siswa dapat menerangkan faktor-faktor  penyebab pelanggaran HAM di Indonesia
27) Siswa dapat menjelaskan penyelesaian tindakan hukum terhadap pelanggaran HAM
28)  Siswa dapat menyebutkan  factor-faktor penyebab kesuulitan menangani pelanggaran HAM
29) Siswa  dapat menyebutkan hambatan dalam upaya menegakkan HAM
30)  Siswa dapat menyebutkan contoh menghargai HAM dijalan raya
31)  Siswa dapat menyebutkan  pengertian kemerdekaan mengemukakan  pendapat
32)  Ditunjukkan dalam sebuah pernyataan siswa dapat menyebutkan bentuk-bentuk menyampaikan  pendapat dengan lisan
33)  Siswa dapat menyebutkan tujuan pengaturan kebebasan mengeluarkan   pendapat
34) Siswa dapat menyebutkan dasar hukum kemerdekaan mengemukakan pendapat
35) Siswa dapat menyebutkan  pemberitahuan waktu secara tertulis kepada pihak keamanan sebelum unjuk rasa
36) Siswa dapat menyebutkan hal-hal penting dalam menyampaikan pendapat dimuka umum
37)  Siswa dapat menunjukkan salah satu hak dalam menyampaikan pendapati
38) Siswa dapat menyebutkan kewajiban dan tanggung jawab warganegara dalam menyampaikan pendapat dimuka umum
39) Siswa dapat menjelaskan pelaksanaan unjuk rasa secara bebas dan bertanggung jawab
40) .Siswa dapat menyebutkan alat komunikasi yang efektif dalam  menyampaikan pendapat
41) Siswa dapat menunjukkan  UU yang mengatur kemerdekaan  menyampaikan pendapat dimuka umum
42) Siswa dapat menyebutkan akiabt pembatasan kemerdekaan mengemukakan pandapat
43) Siswa dapat menjelaskan bentuk-bentuk pembatasan dalam kemerdekaan mengemukakan pendapat
44) Siswa dapat menjelaskan akibat  mengemukakan  pendapat dilajsanakan tanpa batas
45) Siswa dapat menyebutkan pentingnya kemerdekaan mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab
46) Siswa dapat menjelaskan tanggung jawab terciptanya  keamanan dan ketertiban dalam kemerdekaan mengemukakan  pendapat dimuka umum
47) Siswa dapat menjelaskan perilaku warganegara dalam menghargai orang yang  mengemukakan pendapat dimuka umum
48) Siswa dapat menunjukkan  sikap positif dalam rapat atau diskusi
49).Siswa dapat member contoh dalam kehidupan dimasyarakat
50)  Siswa dapat menyebutkan perilaku demokratis dalam kehidupan bermasyarakat   

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar