Materi Soal UKK Kelas VIII:
1. Menjelaskan hakekat demokrasi 2. Menjelaskan istilah polis pada jaman Yunani Kuno
3. Menyebutkan Negara yang pernah melaksanakan demokrasi langsung
4. Menjelaskan asal istilah demokrasi
5. Menyebutkan sebab timbulnya demokrasi perwakilan
6. Menyebutkan pengaruh perkembangan paham demokrasi
7. Menyebutkan Salah satu prinsip demokrasi yang berlaku secara universal
8. Menyebutkan prinsip demokrasi pancasila
9. Menyebutkan salah satu unsur rule of law
10. Menjelaskan pengertian budaya politik Parochial
11. Menjelaskan pengertian budaya politik Partisipan
12. Menjelaskan pengertian budaya demokrasi
13. Menyebutkan ciri-ciri masyarakat yang memiliki budaya demokrasi
14. Menjelaskan lembaga yang dipilih melalui pemilu
15. Menjelaskan cara pengangkatan pemimpin formal
16. menjelaskan paham otoriterisme
17. Menjelaskan pengertian Anarkhisme
18. Menjelaskan sikap positif warga Negara dalam mengembangkan demokrasi di Indonesia
19. Menjelaskan sikap demokratis seorang pemimpin
20. Menjelaskan pemimpin yang memiliki kecerdasan Spiritual
21. Menjelaskan peranan penting budaya demokrasi
22. Menjelaskan perlunya pemilihan Ketua RT (Rukun Tetangga ) secara musyawarah
23. Menjelaskan sikap warga Negara yang demokratis
24. Menjelaskan dasar hokum pemilu anggota DPR,DPRD,Presiden dan Wakil Presiden menurut pasal 22 E UUD 1945 amandemen / perubahan
25. Menjelaskan penerapan demokrasi dalam kehidupan masyarakat
26. Menjelaskan pengertian kedaulatan kedalam
27. Menjelaskan sifat asli kedaulatan
28. Menyebutkan yang bukanjenisteori kedaulatan
29. Menjelaskan reaksi munculnya teori k edaulatan r ak y at
30. Menjelaskan kedaulatan rakyat menurut pasal 1 Ayat (2) UUD 1945,
31. Menyebutkan dasar hokum Negara Indonesia Negara hokum menurut pasal 1 ayat (3) UUD 1945
32. Menyebutkan yang bukan persiapan seorang pengemudi sebelum berangkat
33 . Menyebutkan hal yang perlu dipahami bagi seorang pengemudi dalam perjalanan
34. Menjelaskan pengertian pemerintah
35. Menjelaskan pengertian pemerintahan
36. Menyebutkan system pemerintahan yangdipakaidiIndonesia menurut UUD 1945
37. Menyebutkan pengangkatan menteri berdasarkan UUD1945 Pasal 17 Ayat (2)
38. menyebutkan periode pelaksanaan UUD’S 1950
39. menyebutkanyang bukan lembaga negara menurut UUD 1945 amandemen (perubahan)
40. menyebutkan anggota MPR berdasarkan pasal 2 ayat (1) UUD 1945
41. menyebutkan yang bukan termasuk tugasdanwewenang MPR
42. menyebutkan wewenang presiden dibidang legislatif
43. menyebutkan fungsi DPR
44. menyebutkan tugas dan wewenang dari DPD
45. menyebutkan lembaganegarayangberwenangmenguji peraturan per undang-undangandi bawah UU
46. menyebutkan yang bukan wewenang Mahkamah Konstitusi
47. menyebutkan wewenang Komisi Yudisial
48. menyebutkan Lembaga negara yang betugas memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara
49. Menyebutkan lembaga penyelenggara pemilu di Indonesia
50. menyebutkan sikap positif warga negara terhadap
prinsip-prinsip kedaulatan rakyat
Materi Soal UKK Kelas VII:
1).Siswa dapat memahami difinisi HAM
2). Ditunjukan dalam tabel siswa dapat
mengelompokan HAM
3).Menyebutkan HAM di bidang ekonomi
4) Menyebutkan HAM dibidang politik
5). Menyebutkan contoh hak asasi di
bidang hukum dan pemerintahan
6) Ditunjukkan dalam sebuah pernyataan siswa
dapat menyebutkan instrument
HAM di Indonesia
7) Siswa menyebutkan isi penetepan UU No 23 tahun 2003
8) Siswa dapat menunjukankan ketentuan HAM dalam pasal 28A
UUD 1945
9) Siswa dapat menyebutkan isi pasal dalam UUD 1945
yang mengatur tentang
endidikan
10).Siswa dapat menyebutkan nama komisi Nasional HAM yang bersifat nasional
11) Siswa dapat menyebutkan lembaga perlindungan HAM yang dibuat oleh
negara
12) Siswa dapat menyebutkan siapa yang berwenang memlih anggota komnas
HAM
13) Siswa dapat menjelaskan lingkup kewenangan pengadilan HAM di Indonesia
14) siswa dapat menyebutkan tugas pokok kepolisian sesuai UU No 2
tahun 2002
15) Siswa dapat menyebutkan tugas komisi perlindungan anak di Indonesia
16) Siswa dapat menjelaskan perbuatan pemusnahan seluruh seluruh/kelompok bangsa
17).Siswa dapat menjelaskan kejahatan terhadap kemanusiaan
18) Siswa dapat member contoh pelangaran HAM t
19) Siswa dapat menjelaskan bentuk pelanggaran HAM pada penjajahan kolonial
20) Ditunjukkan dalam table kasus siswa
dapat menjelaskan sebab-sebab
pelanggaran HAM di Sampit tahun 2001
21) Siswa dapat menunjukkan masa tewasnya Marsinah
pada tahun 1993
22) Siswa dapat menjelaskan tuntutan mahasiswa Trisakti yang unjuk rasa yang menelan korban
23) Siswa dapat membedakan penggolongan
pelanggaran HAM yang
bersifat biasa
24) Ditunjukkan dalam tabel siswa
dapat memilah
jenis pelanggaran
HAM berat
25) Siswa dapat menyebutkan contoh bentuk-bentuk perlindungan HAM yang berupa peraturan hukum
26) Siswa dapat menerangkan faktor-faktor
penyebab pelanggaran HAM di Indonesia
27) Siswa dapat menjelaskan penyelesaian tindakan hukum terhadap pelanggaran
HAM
28) Siswa dapat menyebutkan factor-faktor penyebab kesuulitan menangani pelanggaran HAM
29) Siswa dapat menyebutkan hambatan
dalam upaya menegakkan HAM
30) Siswa dapat menyebutkan contoh menghargai HAM dijalan raya
31) Siswa dapat menyebutkan pengertian kemerdekaan mengemukakan pendapat
32) Ditunjukkan
dalam sebuah pernyataan siswa dapat menyebutkan bentuk-bentuk menyampaikan pendapat dengan lisan
33) Siswa
dapat menyebutkan tujuan
pengaturan kebebasan mengeluarkan pendapat
34) Siswa dapat menyebutkan dasar hukum kemerdekaan mengemukakan pendapat
35) Siswa dapat menyebutkan pemberitahuan
waktu secara tertulis kepada pihak keamanan
sebelum unjuk rasa
36) Siswa dapat menyebutkan hal-hal penting dalam menyampaikan pendapat dimuka
umum
37) Siswa dapat menunjukkan salah satu hak dalam menyampaikan pendapati
38) Siswa dapat menyebutkan kewajiban dan tanggung jawab
warganegara dalam
menyampaikan pendapat dimuka umum
39) Siswa dapat menjelaskan pelaksanaan unjuk rasa secara bebas dan bertanggung
jawab
40) .Siswa dapat menyebutkan alat komunikasi yang efektif dalam menyampaikan pendapat
41) Siswa dapat menunjukkan UU
yang mengatur kemerdekaan menyampaikan pendapat dimuka umum
42) Siswa dapat menyebutkan akiabt pembatasan kemerdekaan mengemukakan pandapat
43) Siswa dapat menjelaskan bentuk-bentuk pembatasan dalam
kemerdekaan mengemukakan pendapat
44) Siswa dapat menjelaskan akibat mengemukakan pendapat dilajsanakan tanpa batas
45) Siswa dapat menyebutkan pentingnya
kemerdekaan mengemukakan
pendapat secara bebas dan bertanggung jawab
46) Siswa dapat menjelaskan tanggung jawab terciptanya keamanan dan ketertiban dalam kemerdekaan
mengemukakan pendapat
dimuka umum
47) Siswa dapat menjelaskan perilaku warganegara
dalam menghargai orang yang mengemukakan pendapat dimuka umum
48) Siswa dapat menunjukkan sikap
positif dalam rapat atau diskusi
49).Siswa dapat member contoh dalam kehidupan dimasyarakat
50) Siswa dapat menyebutkan perilaku
demokratis dalam kehidupan bermasyarakat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar